Wednesday, August 28, 2013

“I’m not a Bridezilla :p” Part 4



Note. Read The Part 1 (Wedding Theme and Venue) here , Part 2 (Pelaminan+Dekor, Upacara Adat, MC & Hiburan) here , Part 3 (Invitation) here

Fiuhh....akhirnya bisa meneruskan postingan 'wedding diary'-nya nih setelah kemaren mengalami kejadian kurang enak. Nanti bakal saya ceritakan di sini ya, sekarang lanjut up date wedding prep-nya dalam hal :

Souvenir
 

Sepertinya ini item yang paling bikin senewen, perfeksionis dan butuh  research panjang online dan offline haha…lebay. Awal ceritanya karena ga mau souvenir yang terlalu mainstream dan pengen ada proses DIY-nya dikit. Maklum udah jadi pengangguran, masih bisa lah berprakarya. Untuk souvenir ada 2 jenis yaitu buat pengajian dan pernikahan. 

Buat pengajian yang umum sekarang itu spunbag diisi nasi kotak dan kerudung. Biasa, dan kurang selera aja liat spunbag warna-warni motif bunga gitu. Liat di blog wedding preps, ada yang ga kasih nasi kotak tapi kerudung, sajadah dan tasbih dikemas di kotak anyaman terus dipitain. Cantik. Tapi karena keinginan mamah tetep harus ada nasi kotaknya yaa pasti lah harus ada spunbag atau paperbagnya. Tempat buat order ini dimana lagi kalau bukan di Jalan Cibadak. Setelah melihat-lihat jajaran toko dan pedagang souvenir, saya lihat desain spunbag model serut yang lumayan oke. Warnanya broken white berserut coklat dengan sablon nama calon pengantin, pas dengan tema akad. Ga pake lama pesen deh. Langsung di setting buat sablonan-nya di situ juga. Seminggu kemudian jadi.

Suasana jalan Cibadak...harga bervariasi dan terjangkau...


Kebanyakan spunbag di jl Cibadak desainnya seperti ini


Proses setting label di atas spunbag pilihan saya : broken white plus serut coklat

Di Cibadak pula kita mendadak kepincut sama souvenir tempat tissue kombinasi kain satin dan batik. Harganya juga kejangkau banget, udah gitu di semua lapak souvenir di sepanjang jalan jarang ada yang punya tempat tissue model gini. Nego harga, sepakat, order deh. Katanya sih seminggu tapi waktu saya mau ambil ternyata belum selesai. 4 hari kemudian saya SMS dan telepon berkali-kali tidak diangkat. Hmm…agak kecewa juga yah setidaknya kalau belum selesai SMS saya seharusnya dibalas lah… Hasilnya bikin surprise karena ternyata motif batik-nya macem-macem, untungnya batiknya kece-kece semua jadi ga papa deh. 

 Mendadak kepincut sama tissue bag ini...jadi aja pesen buat souvenir pengajian...

 Si penjual inisiatif banget ya, kita pesen satu macam motif batik jadinya dikasih macam-macam motif. Semua kece sii...

Dan mungkin karena harga murce pula setelah saya lihat banyak benang-benang menguntai terutama pas pitanya dan box mika kemasannya juga ada yg bagus ada yang longgar. Terus yang bikin kecewa juga hasil sablon nama kita di atas tempat tissue-nya ga indah, warna abu-abu dan pake huruf capital semua padahal di sampelnya ga seperti itu. Umm….am I too perfectionist? Hmm..semoga tidak tapi kalo dapat hasil yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan agak kecewa juga toh? 

Jadinya untuk souvenir pengajian bakal seperti ini :

 Moga para ibu-ibu yang hadir di pengajian nanti berkenan :)

Ok buat pengajian beres sekarang bahas souvenir buat wedding-nya. So pasti sudah liat-liat di internet dan banyak yang bikin jatuh hati. Contohnya kayak gini :

 Isinya bisa coklat atau pernak-pernik lucu tapi berguna

Akhirnya ditetapkan souvenir ada 2, budgetnya malah jadi double ya hiks…. Kenapa bisa jadi dua? Hal ini disebabkan karena : request si calon maunya coklat (souvenir tradisional di negara asalnya) dan request mamahku something dari Belanda aka windmill mini. Windmill di toko-toko souvenir di Holland jelas banyak, tapi karena belinya lumayan banyak carinya yang per piece murce juga. Dia sudah liat-liat di Rotterdam, Maastricht, Leiden dan Delft. Tapi di semua kota mehelll gada yang lebih murah…hikss…malah lebih murah beli online tapi tetep aja ga ada yang di bawah 1 euro. Akhirnya biar budget ga membengkak kita sepakat souvenirnya di-mixed sama klompen mini, itu lo kelom kayu khas Belanda. Sebenernya menurutku ga papa juga kalo semuanya klompen ga usah ada windmillnya. Dan demi prinsip keadilan, souvenir dari Belandanya jadi klompen mini saja :)

 Kepengennya sih tempelan kulkas kincir angin mini ini tapi ga da yang cocok dari segi harga hehe...

Naah...trus pilihan kita beralih ke sepasang klompen mini ini, budget sih masuk tapi ga jadi juga karena bahannya kan dari keramik, takutnya pecah di perjalanan antara Holland-Indonesia

Final choice akhirnya dapet gantungan kunci klompen mini dari kayu, ga takut bakal pecah dan ringan

Sedangkan untuk coklat, si calon sebenernya udah mau order juga coklat wedding souvenir di Belanda tapi saya lihat harganya lumayan (teuteup pengiritan…biar bisa jalan-jalan bulan madu), jadi mending cari di Indo aja pesen dengan bentuk yang hampir sama. 

 Kepengennya si calon coklat kayak gini nih....

Saya survey ke toko coklat yang katanya paling enak di Bandung tapiii…mahal juga sodara-sodara plus poin pentingnya dia ga bisa buat bentuk sesuai keinginan... Setelah search di internet saya saya nemu blog asal kota Surabaya yang jualan macem-macem praline buat berbagai occasion dan coklat buat weddingnya bikin pengen borong hehe….dia bisa bikin bentuk yang lucu dan kemasannya pun cantik. Sampai ada praline edible yang dihias foto calon pengantin. Kebetulan juga dia bisa provide kemasan coklat dalam box bag. Soalnya nanti saya mau masukin klompen nya kan bareng sama praline. Harganya juga affordable.Tapi setelah saya e-mail, SMS dan telpon tidak ada respons. Entah sudah tutup, ga jualan lagi ato pindah. Aargh..


Udah jatuh hati banget sama praline dan bag-nya tapi sepertinya sudah tidak produksi yaa...


Untungnya saya keingetan sobat kuliah yang pernah jualan coklat buatan mama-nya. Saya kontak lah dia. Alhamdulillah dia bisa…hore…plus kalo sama temen sendiri lebih enak komunikasinya dan bisa minta diskon hehe… Ini penampakan coklat 3 pieces dengan inisial nama plus love symbol :

 Ini hasil karya temen yang aku order. Lumayan oke kaan...

Untuk wadah buat coklat dan klompen, setelah setiap hari pencarian yang lumayan lama saya nemu beberapa model box dan bag yang lucu. Setelah dipikir-pikir kayaknya sempet nih ngerjain sendiri bag-nya tinggal belanja bahan. Saya suka dengan model-model seperti ini nih :

 Sukaaa banget...keren-keren semuanya...

Sampe bela-belain cari doily papers dan dapet di PD. Kijang Mas, itu lo toko bahan kue di daerah Tamansari. Tapi setelah dipikir ulang saya bakal memasukkan coklat ke bag udah mau deket-deket hari-H jadinya saya ga punya banyak waktu.  Jadi mending beli box atau bag yang udah jadi. Cari di Jalan Cibadak engga nemu yang cocok dari segi ukuran dan motif (ga bisa terima order bag sesuai keinginan kita juga), search di internet ga nemu produsen di area deket rumah ato Bandung, kebanyakannya di Jakarta dan Yogyakarta.Huaa....

Keputusan akhir saya order paper bag online ke produsen di Yogyakarta (setelah menghabiskan berhari-hari browsing di internet) dengan desain font sama dengan di amplop undangan. Waktu pengerjaannya 2 minggu. Mereka kasih desain gratis setelah kita transfer DP atau dilunasi di awal lebih bagus lagi. Alhamdulillah ga ada masalah berarti, pengantarannya tepat waktu dan hasilnya sama dengan yang saya mau. Cuma mungkin karena di-pak bertumpuk dalam kardus dan tali bag dilipat di dalam, kondisi paperbag-nya jadi agak kusut. Ini dia penampakan paper bagnya :

 Not bad laa...

Sooo….selesai sudah petualangan pencarian souvenir yang lumayan panjang hehe… Nanti klompennya dibawa si calon ke Indo seminggu sebelum hari-H trus coklat-nya kata temen sih selesai 4-3 harian sebelum acara. Baru deh bisa dimasukkan ke paperbagnya...semangat semangat...!

Image Sources :
http://weddbook.com/media/814404/diy-vintage-wedding-favors-handmade-vintage-gift-bag-el-yapimi-nikah-sekerleri
http://www.hollandwinkel.com/en/holland-souvenir-shop/keyhangers/sleutelhanger-1-delftsblauw-houten-klompje-120-stuks.html#


http://huwelijks-bedankjes.nl
 



2 comments:

  1. boleh minta kontak pembuatpaper bagnya..maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ga punya say kontaknya...yang pasti mereka lokasinya di Yogya bisa terima order via online...

      Delete