Sunday, July 14, 2013

“I’m not a Bridezilla :p” Part 2



Note. Read The Part 1 (Wedding Theme and Venue) here


Ok lanjut bahas persiapan nikahanku yang InsyaAllah akan terjadi 2 bulanan lagi. Hmm...bahas apa ya enaknya? Campur-sari aja ya dari Pelaminan+Dekor, Upacara Adat, MC dan hiburan yang nanti ada di resepsi. Sebenernya ini belum ketauan pasti bakal seperti apa, karena saya belum ketemu sama personilnya langsung untuk nanya-nanya konsepnya. Yang organize semua lewat tante. Jadi cuma berdoa moga semua vendor hasilnya memuaskan.

Pelaminan + Dekor Venue

Urusan pelaminan yang organize si tante. Dia ada kenalan gitu deh yang bagus katanya dan pernah dekor resepsi di Hotel Savoy Homann.  Ukuran semula tadinya panggung pelaminan itu 8 x 4 meter, tapi setelah dilihat-lihat lagi, dengan ukuran ballroom hotel yang gede kata tante mending ditambah aja jadi 12 x 4 meter. Dan dekorasinya juga ditambah buat di luar gedung, biar keliatan lebih extravaganz. Katanya masa resepsi di hotel dekornya sederhana aja? Masalahnya budget tante budgeett…. Katanya juga konsep acara pernikahan saya Sunda menak. Menak dari mana siyy saya mah orang biasa sajahh… Jujur, pelaminan dan dekor ini paling bikin penasaran, soalnya ga bakalan tau kayak gimana sampai hari-H kan? 


Lokasi akad-nya nanti sama dengan lokasi resepsi, jadi mungkin penataan meja untuk akad seperti ini
 
Apakah nanti seperti ini pelaminan nya? Tanpa gebyok tapinya...

Contoh dekorasi tema coklat & gold

Kalo dipikir-pikir sayang banget ya keluar duit ampe belasan juta buat bikin pelaminan dan dekor cuman buat sehari doang trus dibongkar lagi, kembali berpikir seandainya ga usah ada resepsi cukup walimah sederhana aja. Ga peduli apa kata orang deh, bukan tipe gengsian kalo masalah ginian *sigh* Tanteku dan pendekor ini pernah malem-malem survey ke venue di Mason Pine Hotel untuk liat lokasi dan ngobrol sama orang hotel-nya. Waktunya mepet, padahal kenapa ga lain waktu aja ya liat lokasinya, saya sendiri malah belum sempet ketemu dan ngobrol sama pendekor ini. Berharap nanti hasilnya bagus dan masuk ke selera pengantin.

Upacara Adat



Bagian ini yang paling menarik bagi si calon , secara berbeda kebudayaan jadi dia penasaran sama adat di pernikahan Sunda kayak gimana. Upacara adatnya nanti ga lengkap sih, ga ada siraman, ngeuyeuk seureuh, lengser, tari-tarian dan sebagainya. Yang namanya upacara adat di Tatar Sunda itu banyak dan masing-masing ada ritualnya. Tapi yang diambil nanti hanya sedikit saja cuma pas di hari-H setelah akad.  Biar rame dikit. Hanya untuk menunjukkan uniknya dan serunya budaya Sunda rencananya ntar bakal ada :

Sawer (rame kan rebutan koin-koin hehe…hmm perlu ada doorprize ga ya?), bagi-bagi rezeki sama sodara-sodara hehe…

                                                            Kebayang kan hebohnya sawer? Saya juga dulu suka rebutan duit hehe...


                                                                    Penganten cowo-nya bule..pusing kali dia liat orang rebutan koin yaa... :p

Nincak Endog (bang bule ampe cari di youtube nih…udah gitu latihan pula nginjek telor haha…). Katanya sih ini melambangkan pengabdian istri kepada suami yang dimulai dari hari itu. 

                                                                                              Telornya ga keliatan....

Meuleum Harupat. Prosesnya mempelai pria memegang batang harupat,pengantin wanita membakar dengan lilin sampai menyala. Harupat yang sudah menyala kemudian di masukan ke dalam kendi yang di pegang mempelai wanita, diangkat kembali dan dipatahkan lalu di buang jauh jauh. Melambangkan nasihat kepada kedua mempelai untuk senantiasa bersama dalam memecahkan persoalan dalam rumah tangga. Fungsi istri dengan memegang kendi berisi air adalah untuk mendinginkan setiap persoalan yang membuat pikiran dan hati suami tidak nyaman.


Moga harmonis selaluuu....


Meupeuskeun Kendi, filosofinya apa ya? Apakah berhubungan dengan malam pertama? Arg…hampir semua adat pernikahan Sunda dijadikan ajang ledekan sepertinya…tahan jangan ampe grogi hehe…

Pasang muka cool aja terus senyum kanan-kiri :)

Huap Lingkung disuapin sama orang tua dan Pabetot Bakakak (rebutan ayam bakakak terus suap-suapan sama suami…cie…). 

 Tanda kasih sayang orangtua kepada anak dan sebaliknya...

Romantiisss...

Saya ga bahas makna-makna di balik masing-masing adat ini ya, silahkan google untuk tahu lebih lanjut. Kalo Sungkem sama orangtua itu sih sudah pasti ada, di Indonesia setiap Lebaran juga biasanya anak sungkem ke orangtua. Untuk upacara adat, kembali lagi adat itu tidak ada dalam syariah Islam dan kalau percaya dengan melakukan ritual-ritual tertentu akan berpengaruh ke sesuatu takut jadi syirik. Yang paling baik itu perbanyak ibadah saja.

 Emotional moments...don't you think?

MC

MC dari mulai akad sampe beres resepsi namanya Pa Bimo, udah kesohor gitu deh di Bandung. Sepupu dan tetangga juga ada yang pake MC Pa Bimo ini. Yang kontak beliau si tante, untungnya pas tanggal nikahanku Pa Bimo sudah confirmed ok dan sudah di-DP hehe... Dan karena si calon suami ga ngerti bahasa Indonesia MC harus fasih berbahasa Inggris. Pa Bimo ini katanya bagus banget bahasa Inggrisnya. Pernah liat beliau di nikahan sepupu dan udah lupa tampangnya kayak gimana sekarang. Let’s see ya…

Hiburan/Musik

Tidak ada love song list karena berupa musik live instrumentalia tradisional Sunda kecapi suling. Personilnya kalo ga salah 6 orang. Yang organize si tante juga. Katanya selain musik tradisional dia bisa bermusik dangdut. Jiahh…maunya si tante aja dangdutan, eike sih engga lah… 

 Contoh penampakan grup kecapi suling

Nah...hal-hal seperti itulah yang harus dipikirkan sama calon pengantin. Ada yang lebih penting lagi yaitu mempersiapkan mental kita sebelum memasuki gerbang perkawinan. Yang asalnya asik sendiri jadi hidup berdua. Wedding diary selanjutnya bahas apa ya? Bagaimana kalau Invitation? Ditunggu ya...

Images Sources :
http://dreamwedding-ditateddy.blogspot.com/2011/04/wedding-decoration.html


 

No comments:

Post a Comment