Tuesday, September 17, 2013

“I’m not a Bridezilla :p” Part 6



Note. Read The Part 1 (Wedding Theme and Venue) here , Part 2 (Pelaminan+Dekor, Upacara Adat, MC & Hiburan) here , Part 3 (Invitation) here , Part 4 (Souvenir) here, Part 5 (Attire+Make Up) here


Catering (plus nambah cerita baru tentang venue juga, bagian paling….drama abis!) 

Note tambahan : tidak ada maksud menjatuhkan, semuanya adalah sebagai masukan untuk kondisi yang lebih baik di masa mendatang

Seperti yang sudah diposting di blog sebelumnya di bagian pertama, wedding venue (otomatis catering juga) di nikahanku nanti adalah Mason Pine Hotel. Aku dapet info dari si calon ada Wedding Sunday Package seharga 37.5 juta untuk 300 pax karena dia rajin browsing internet dan nemulah offer itu di website-nya hotel. Jadi satu orang itu jatuhnya 125.000. Waktu aku datang untuk pertama kalinya ke hotel pas weekend ternyata ga ada staf marketing yang bisa jelasin jadi harus di hari kerja. Datang kedua kali sekitar bulan April 2013 bareng bapakku ketemu sama catering manager Pa Ch**ly namanya. Beliau mengiyakan ada Sunday Package seharga itu.  Kalau bukan hari Minggu, seperti Sabtu harga per pax paling murah Rp. 158.000 tapi menunya juga lebih banyak. Ini yang membuat kami harus mengubah tanggal pernikahan saya dari Sabtu ke Minggu, gara-gara pengen ambil harga pax paling rendah (dan jadinya akad nikah bertempat di ballroom hotel juga, ga bisa melaksanakan akad nikah di Masjid Al-Irsyad karena hari Minggu biasanya dipakai pengajian penghuni Kota Baru, padahal bisa menikah di masjid ini impian kita banget). Realistis dengan budget laa…

Beberapa minggu setelah itu, saya dan bapak kembali datang ke hotel untuk liat venue lagi. Kita jelasin venue Bale Pare jadi alternatif lain kita (which is kemudian ga jadi karena ternyata venue tsb full schedule) tapi pengen liat kondisi ballroom hotel buat bahan pertimbangan. Di situ Mr. C ajak kita liat outdoor venue di deket kolam dan indoor venue yaitu ballroom serta kasih brosur paket Sunday Package plus paket lain yang lebih mahal. Dia juga kasih daftar menu dan daftar food stall kalo-kalo mau nambah stall. Paket ini minimal order buat 300 pax dan bebas untuk jumlah penambahan pax-nya. Dia juga bilang kalo pesen pax minimal 400 itu udah bisa dapet ballroom dua bagian, kalo 300 pax cuma satu bagian. Pembayarannya bisa dicicil dalam 3 termin. Saya akui ballroom bagus dan memilih untuk resepsi di ballroom daripada outdoor deket kolam. Kata Mr. C itu bisa. Sekali lagi bisa. No further explanation from him about term and condition. Dia jelasin kalo jadi harus cepet transfer DP pertama supaya bisa tercatat di bagian akunting, jadi tanggal nikahan saya bakal di-blok sama sistem dan hotel ga terima order penggunaan ballroom pada tanggal itu. Setelah DP Mr. C bilang bakal buat agreement letter-nya.

Waktu itu saya belum meng-ok kan dan bilang mau hitung-hitung dulu. Kalo ga salah waktu itu saya maen juga ke venue Bale Pare dan dapat konfirmasi venue ga bisa dipakai untuk tanggal nikahan saya sehingga pilihan terakhir saya emang cuma Mason Pine Hotel. Beberapa hari kemudian Mr. C telpon ke hape saya dan nanya saya mau order berapa pax (bicaranya seakan-akan saya udah meng-ok kan di pertemuan sebelumnya). Ya karena saya saya ga ada pilihan lain saya waktu itu confirm ke Mr. C pesen untuk deal 600 pax dan dia dari omongannya di telepon bilang langsung catet pesanan saya. Ok lah akhirnya di ballroom Mason Pine tempat akad dan resepsi nikahan saya.

Setelah itu saya ga ketemu lagi Mr. C dan komunikasi per e-mail aja. Dia tetep nawarin saya untuk ambil yang per paxnya di atas 125.000 (ada yang 158.000, 178.000, dll) dan saya tolak karena budget saya memang udah maksimal buat yang 125.000. Di e-mail itu kita bikin kesepakatan masalah jadwal pembayaran. Saya juga konsultasi masalah food stall. Mr. C bilang sebaiknya food stall-nya juga 600 pax yang bisa dibagi ke dalam 4 macam stall, katanya biar ruangan ga kosong juga. Saya bilang kalo untuk tambahan  stall nanti dulu aja karena harus hitung-hitung dulu yang pasti dulu aja 600 pax untuk buffet. Jadi kalo nanti saya nambah stall saya bakal bayarnya di term ke-3 (saat pelunasan). DP di term ke-1 dan ke-2 saya bayar untuk buffet dulu aja. Beliau ok dan ga ada penjelasan lebih lanjut. Bulan Juni 2013 harga BBM naik dan saya udah panik takut ada perubahan dari pihak hotel, tapi tidak ada yang kontak mengenai perubahan harga. Saya pikir mungkin karena saya udah deal dari beberapa bulan sebelumnya. Saya transfer pembayaran mengikuti jadwal term-1 20.000.000 dan transfer kedua 40.000.000. Setiap habis transfer saya nelpon ke Mr. C untuk konfirmasi pembayaran dan beliau hanya meng ok-kan tidak membahas kenaikan harga dan sebagainya. Sekali lagi beliau tidak membahas perubahan harga pada saat saya telpon. Selama komunikasi sama si Mr. C ini saya dapet kesan kalo beliau ini orangnya pelupa. Selalu nanya : eh, ini yang buat acara apa ya? Tanggal berapa? Saya harus menjelaskan semua dari awal lagi. Sett dah…

Brosur yang menyesatkan...
Sementara itu  di rumah saya liat-liat daftar menu dan stall yang Mr. C pernah kasih. Untuk menu  catering dengan harga Rp. 125.000 itu mereka kasih 3 macam starter dish, 2 macam soup, 7 macam main dish dan 3 macam dessert. Lumayan banget kalo buat saya…pasti bingung milihnya secara daftar menu yang mereka punya juga banyak dari mulai Indonesian, western dan oriental cuisines. Kalo masih mau nambah food stall range harganya Rp. 25.000-48.000/porsi. Kata Mr. C pemilihan menu dilakukan sebulan sebelum hari-H aja, katanya biar mereka bisa kasih list menu yang paling update. Dan nanti ada food testing buat 6 orang. Saya udah semangat aja milih menu yang ada di daftar. Udah ngebayangin ntar bakal ada makanan ini itu.

Sekitar bulan Juni kalo ga salah, tante-ku minta untuk ngeliat ballroom hotel. Soalnya tante kan yang koordinasi sama vendor dekorasi. Jadi tanteku mau liat-liat ballroom supaya ada gambaran dengan posisi pelaminan, ukuran panggung dan sebagainya. Waktu saya ke sana lagi berdua bareng tante waktu itu ga ketemu sama Mr. C yang lagi cuti tapi sama Mba An*a sebagai marketing hotel. Kita diajak liat venue plus rooms yang bakal jadi compliments. Selain itu dia nanya-nanya kebutuhan kita apa, acaranya nanti bakal seperti apa,  maunya gimana de el el de el el. Di situ saya confirm pesanan saya yang 600 pax plus tambahan order foodstall buat acara akad sebanyak 80 pax. Waktu itu sih saya pesennya menu Laksa Ayam yang harganya 30.000 per porsi. Sama Mba A yang orangnya ramah banget semua detail yang kita obrolin dia catat di buku dan katanya bakal disampaikan ke Mr. C

Beberapa hari kemudian tante sama orang yang bakal dekor venue dateng ke hotel. Datengnya malem-malem, sebelum mereka dateng saya udah telpon Mr. C bilang bakal ada tanteku sama orang dekor mau dateng untuk liat venue. Waktu mereka udah dateng ke lokasi emang sih ketemu, tapi si Mr. C sepertinya lagi sibuk banget banyak tamu dan ngobrol sama tante cuma bentar aja. Berdasarkan laporan tanteku,  masalah dekorasi emang hotel ga kasih apa-apa lagi. Di meja buat buffetnya polos ga ada dekorasi, taplak meja pun cuma sedia warna putih dan merah. Untungnya ada stok baru taplak warna hijau muda yang lumayan masuk ke tema wedding-ku. Pfft…

Kemudian pada suatu hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2013 saya terima e-mail dari Mr. C. Dia nanya kapan mau ke hotel untuk meeting.  Saya bales gimana kalo hari Senin aja sekalian milih menu. Mr. C bales lagi ketemuannya hari Selasa atau Rabu aja sekitar siang-sore.  Hari senin saya telpon beliau untuk ngasih tau saya mau dateng ke hotel hari Selasa sekitar jam satu siang dan beliau bilang ok. Waktu itu saya dateng berdua mamah-ku jam satu lebih seperempat dan ternyata beliau lagi ada tamu. Jadi kita nunggu di resto hotel sembari liat beliau meeting sama klien di dalem resto itu juga. Setelah beberapa menit Mr. C nyamperin meja kita, duduk dan mulai deh drama itu dimulai. Sayangnya saya punya ingatan lumayan kuat tentang momen ini walopun ada sedikit hal yang terlewat. Soriiii kalo nulis kepanjangan…

Hal pertama yang Mr. C sampaikan ke saya membangkitkan sisi Bridzilla-nya calon penganten neh…roaarr…

“Mba, untuk paket 37.5 juta itu hitungan hotel ga sama seperti yang hitungan mba. Jadi bukan 37.5 juta dibagi 300 sama dengan 125.000. Mba pesen 600 pax bukan berarti harganya jadi 125.000 dikali 600 atau 37.5 juta dikali dua. Bukan seperti itu mba. Hotel punya hitungan sendiri. Ga sama kayak hitungan mba. Harga sebenernya itu yang paling murah saya punya 128.000 ++ kalo sama pajak jadi sekitar 155.000/pax” (Kenapa ga ada penjelasan sebelumnya ya?? Kan kita udah sering komunikasi lewat telepon dan e-mail?? How did I suppose to know? Emang saya punya indra keenam gitu…)
 
“Mba maen transfer-transfer aja” (Laa…saya udah bagus transfer berusaha untuk komit sama jadwal pembayaran yang disepakati. Tiap habis transfer kan saya nelepon. Kenapa ga pas nelepon itu minta ke saya supaya dateng ke hotel dan bicarain harga yang sebenarnya?? Mr. Rekayasa banget…)

“Saya telpon mba hapenya ga aktif terus. Saya ga mau lewat e-mail.” (Kalo engga bisa lewat telepon, hari gini ga masalah discuss lewat e-mail yang penting ada informasi perhitungan harga yang disampaikan ke saya dong. Aneh ya, kalo hape saya ga aktif terus gimana saya mau komunikasi setiap hari sama calon suami yang ada di Belanda sana? SMS juga bisa kan?)

“Untuk paket 37.5 juta itu jadinya cuma buat acara yang di deket kolam aja bukan untuk ballroom.” (Dipikirnya kalo mau wedding persiapannya cuma venue sama catering kali ya. Oh, kalo gini saya harus set ulang rencana dekor yang tadinya buat ballroom jadi ke outdoor. Udah gitu undangan yang sudah jadi menyebutkan lokasi pernikahan ada di ballroom hotel. Bapa gampang aja ya mau buat saya pusing sama perubahan mendadak gini. You think…)

“Mba itu pinter banget, sekolah dimana sih? Mba pinter banget sampe bikin saya ga ngeh dengan hitungan pesanan mba. Pinter banget ya komunikasi-nya lewat e-mail jadi saya ga nyadar sama perhitungan” Mr. C ngomong kalimat gini sering banget sampe ada beberapa kali. Maksud loo… (Maksudnya pinter ato “pinter” Menurut saya ini ga sopan deh. Gini-gini saya pernah kerja di sekolah perhotelan dan tau yang namanya hospitality. Dan mana saya tau dengan perhitungan hotel? Dari awal saya taunya segitu kan dari brosur yang bapa kasih tanpa ada keterangan lebih lanjut. Kalo pun ada term hotel boleh melakukan perubahan harga infokan lebih awal dong dan pakailah cara yang proper juga)

-------
Abis itu dia pamit sebentar karena ada klien yang harus diurus. Dari sini saya udah down banget dan bingung mikirin rencana nikahan saya bakal gimana nantinya. Untuk ganti venue, uang udah terlanjur masuk 60 juta dan bisa-bisa ga dibalikin kalo saya batalin. Saya bingung dengan perubahan harga di mana budget saya udah maksimal. Setelah itu dia balik ke meja kita dan disini saya ‘protes’ dengan apa yang dia sampaikan tadi. 

“Ok mba, yang udah lalu biar berlalu aja ya” (Saya ga ada maksud mengakali hotel, saya memang ga tau dengan perubahan paket yang ditawarkan, ga ada informasi), eh udah gitu Mr. C bilang gini :

 “Mba, sebelumnya kita pernah ketemu ga sih?” *gubraks*

Mulai dari sini saya sebel banget, serasa dari mulut keluar taring dan dari jari keluar cakar mirip kucing saya. Sisi BRIDEZILLA-nya baru keluar deh. Untungnya saya masih bisa berfikir jernih. Jadi apa yang saya bilang sebagai bentuk protes tanpa disertai emosi berlebih dan air mata. Tapi nada bicara saya memang meninggi dan itu disadari banget sama si Mr. Seenaknya-Ubah-Budget. Coba kalo saya lagi PMS? Bisa nangis karena marah dan sensi, dan saya bakal minta diketemuin sama atasan Mr. C untuk complain. Huh… (Kita udah pernah ketemu dua kali. Kalo ketemu saya aja lupa, udah pasti semua hal yang pernah disampaikan ke saya juga bapa ga bakalan inget….)

“Jadi nanti mau menu kayak gimana?” (Jangan dulu ngomong menu deh, selesaikan dulu masalah harga)

 “Oke, yang lalu udah ya mba. Saya mengakui itu salah saya. Ordernya untuk 600 pax ya? Oke deh venue bisa di ballroom tapi untuk penggunaan satu bagian, kalo dua bagian minimum harus 700 pax” (Loh, katanya kalo minimum pesen 400 pax udah bisa dapet dua bagian ballroom. Berarti rencana dekor harus ganti jadi untuk space yang lebih kecil. Ini waktunya udah mepet)

 “Oke deh karena ini saya salah, mba bisa tetep dapet harga 125.000/pax tapi harus nambah food stall minimal 700 pax. Ini kalo 125.000 net hotel cuma dapet segini, saya gimana mau ngomong sama chef-nya *sambil ngitung di kalkulator* . Bagusnya sih 1000 pax aja” (PFFTT….kan hotel sendiri yang bikin paket promo Sunday Wedding Package buat 300 pax. Kalo rugi jangan ngeluarin paket dengan harga segitu atuh)

“Jadi menu stall-nya mau apa aja?” (Liat daftar stall plus price list-nya kaleee…gimana saya mau nentuin kalo ga liat daftarnya, belum harus ngitung-ngitung dulu)
 
“Atau kalo ga pake stall yang per pax-nya 155.000 yaa… paling nambah stall kambing guling aja 7 juta plus nambah satu stall zupa-zupa.” (PFFTT…)

“Pilih menu aja dulu ya…saya ke kantor dulu ambil daftar menu” kemudian dia ngilang lama dan balik bawa daftar menu. 

Saya cuma pinjem kalkulator Mr. C menghitung tambahan uang yang harus saya bayar dengan dua alternatif yang disarankan. Udah ga mungkin sekedar 37.5 juta dikali dua. Dengan dua macam perhitungan baru yang Mr. C kasih saya masih harus nambah sekitar 30 jutaan. Karena Mr. C mungkin biasa berurusan sama orang kaya yang ga banyak cingcong sama duit, dipikirnya saya juga gitu kali ya. Busett dah…dia pikir saya punya pohon uang kali di belakang rumah. Ato calon suami saya dianggapnya raja minyak mungkin…

--------
Kemudian Mr. C ngasih daftar menu yang sama dengan yang dia kasih sebelumnya, kecuali contoh susunan menu untuk wedding baru saya liat hari ini.

“Ini liat-liat dulu aja ya menunya” (Udah ga konsen kali mikirin menu. Yang ada di pikiran saya cuma masalah budget) 

 “Mba seneng ya bisa pake ballroom dengan pax 125.000. Enak ya” (Kan hotel sendiri yang bikin promosi itu. Justru harga segitu yang bikin saya tertarik bikin wedding di sini)

Daan yang bikin saya bener-bener bete hari itu waktu saya nanya : “Jadi ini harga sama ya buat hari Minggu ato Sabtu?”
Mr. C jawab : “Iya paket 37.5 juta itu udah engga ada. Kita kasih harga yang sama mau itu hari Sabtu ato Minggu” (Aarrghh….kalo tau gini dari awal ngapain saya mindahin hari nikah dari Sabtu ke hari Minggu??? Kalo hari Sabtu kan saya bisa akad nikah di masjid, Minggu masjid full dan saya merelakan akad nikah jadinya di hotel juga. Undangan udah dibuat udah ga bisa ganti hari. I am really disappointed..)

“Eh tapi itu menu yang mba liat ga kayak gitu untuk yang 155.000 lebih banyak. Saya ambilin yang menu 155.000 ya” (Udah bicara muter-muter…berubah mulu cape dehh…) Saya liat susunan menu yang 125.000 lebih sedikit dari yang dulu pernah Mr. C kasih. Oke kalo ini disebabkan kenaikan harga saya terima dengan jumlah menu yang sedikit dan rencana nambah stall aja. Susunan menu yang dia bilang 155.000 juga saya liat ga banyak dan dia bilang bukan yang itu juga daftarnya (Bingung sayah….)

Setelah itu dia ngilang lagi lamaa sambil kertas yang isinya daftar foodstall dia bawa (mau nyusun menu baru kali)

-------
Dateng lagi dengan bawa daftar menu baru untuk yang 155.000 dan setelah saya liat isinya daftar menunya lumayan banyak plus ada 2 stall.

“Oke sekarang kita tentukan yaa pax dan menunya. Ya ga papa deh pilih yang 125.000 juga. Mba pilih yang mana jadinya? Mau yang 125.000 plus 700 pax stall atau yang 155.000 plus stall kambing guling?” (Saya pilih yang 125.000 aja plus 700 pax stall)

“Mba nih pinter yaa?” (Kan itu saran dari bapa juga waktu di e-mail dulu)

Dari sini Mr. Intimidation terus maksa saya supaya milih yang paket 155.000 aja. He really really really insisted…dia ga mau nulis pax 125.000 + 700 pax stall yang saya mau di agendanya dia….sampeee akhirnya saya nyerah dan milih 155.000 dan saya kasih syarat ga mau nambah stall apa pun. Akhirnya dia bilang “oke deal ya” (maunya situ ya berhasil dah maksa orang…)

“Kalo makanannya sederhana yang malu orangtua mba lo. Hotel juga malu” (Engga… ga papa ga papa ga papa. Ga usah gengsian kalo masalah ginian. Yang dibilang sederhana juga udah mahal menurut ukuran saya. Urusan hotel malu saya ga concern kan hotel yang kasih promo. Lagian saya udah bête)

Akhirnya dia ambil agenda dan mulai nyatet detail acara nikahan saya. Drama belum berakhir sodara-sodara….
“Untuk akad 80 pax ya? 50 pax aja mba cukup” (Ohmaygad, maunya apa sih? Saya pesen dikit ga bisa, pesen banyak ga bisa juga?? Saya udah ngitung buat keluarga dan crew wedding)

“Oke 80 pax. Nanti buat akad ini maunya menu apa?” (Saya pilih Laksa Ayam yang 30.000 per porsinya)

“30.000?? Mba jangan pilih itu ya. Laksa Ayam itu ga enak. Dikit lo cuma mie-mie gitu. Mending kue-kue aja ini saya punya yang 55.000 per pax udah plus kopi dan teh. Kuenya 3 macam” (Ga mau. Saya ga mau kue-kue. Saya pengin yang sejenis lontong, ada sayurnya)

“Ya udah lunch aja. Nasi goreng ya makanannya yang berat aja. Harganya 65.000 per porsi” (Ga mau. Lunch? Itu kan buat ntar pas resepsi. Saya mau menu sarapan aja tapi bukan kue. Untuk akad saya cuma pengen sediakan makan pengganjal perut yang ga terlalu ringan dan ga berat juga)

Tambah kopi dan teh? 25.000 per pax (Ga mau, biar air mineral aja)

“Eh itu yang pax 155.000 itu belum termasuk minuman lo. Mau nambah jus aja ya? Atau soft-drink. Harganya sekian sekian… (Whaatt…pengen rasanya teriak tapi untung masih bisa nahan. Saya GA MAU nambah minum atau nambah apapun. Air mineral udah disediakan kan? Ya udah cukup air mineral aja, lagian dessert-nya udah ada buah-buahan toh. Saya ga mau nambah uang lagi itu masalahnya. Paket mahal ga pake minum hih…)

Karena saya nolak semua tawaran Mr. Tukang-Maksa dan keukeuh milih Laksa Ayam yang 30.000 dengan air mineral, tetep aja tuh cari akal supaya saya keluar duit lebih banyak buat makanan akad. Dipanggil lah manajer resto. Dijelasin saya bisa juga pesen makanan dari resto dengan harga resto untuk di ballroom. “Kalo ngobrol sama manajer resto ini lebih enak mba. Beliau lebih mengerti menu. Harga resto juga lebih murah. Kalo dari banquette kan harganya jatuh lebih mahal” (Iya iya whatever deh)

Dari daftar menu yang ada di resto akhirnya dipilih menu Soto Madura, Lontong Sayur dan Soto Banjar  yang harganya 46.000 per porsi. Hhh…beneran saya nyerah dan akhirnya setuju. Setelah dihitung-hitung dikali 80 pax jadi 3 juta sekian dan Mr. C masih engga puas. Dia pengen dibulatkan jadi 5 juta. Sisanya buat drink. Jadi ntar minumnya ga cuma air mineral bakal ditambah soft-drink dan ice tea. Kuduuu ya jadi 5 juta buat makan+minum di acara akad….

“Kan calon suami mba bule. Bule tuh minumnya harus ada soft-drink lo” (O ya? Kata siapa?) Dan pada akhirnya soft drink ini dia sendiri yang menghilangkan...yey...

Dan akhirnya selesailah proses nego (sepihak) antara saya dan Hotel Mason Pine yang berakhir dengan kekurangan pembayaran 38 juta harus saya lunasi 2 minggu sebelum acara. “Kan biar kita bisa belanja bahan-bahan mba” (jadi duit yang udah ijke transfer 60 juta ga dianggap?)

Kalo udah lunas nanti saya bakal saya buatin agreement letter-nya trus food testing dan compliment voucher spa bisa dipakai. Ooh…baru deh mau dibikin agreement letter setelah merubah total paket yang saya mau. Pertemuan yang dimulai dari jam 13.15 berakhir pada jam 16.00 dong (!). “Tuh kan mba dengan begini kita saling kenal” (Pfftt…)

Di perjalanan pulang saya bilang sama mamah : gimana atuh mah malah jadi nambah sekian… Jawab mamah : ya udah nanti usaha cari uangnya… Hiiksss…

-------
Beberapa hari kemudian Mr. C kirim email isinya konsep LC sama alternative 2 macam set menu (yang isinya juga beda dari yang kemaren disetujui, okelah). Ada versi baru lagi rupanya. LC pun masih ada koreksi dikit. 

Tanggal 14 September saya datang lagi untuk food testing setelah sisa pembayarannya lunas. Harusnya itu untuk 6 orang tapi dari keluarga saya yang datang termasuk saya cuma 4 orang. Sikap Mr. C udah ga senyebelin kemaren tapi sifat pelupanya masih nempel. Masak dipikirnya saya masih pesen 300 pax dan cuma dapet satu bagian ballroom! Menguji kesabaran bener ini… Masih sempet aja dia bilang “hotel emang harus saklek mba tapi kan kita akan memberikan yang terbaik” (Baiklah…)

                                           Resto di hotel tempat food testing...premium service kalo pas bagian ini sih...

Oke yang harus diakui adalah semua makanannya enaakk! Jempol buat chef-nya.  Di resepsi nanti yang disajikan agak berbeda dari segi ukuran, semoga rasanya sama enaknya dengan food testing. Dan berdoa juga semoga makanan cukup untuk tamu karena kalo habis ga bisa ditambah kecuali kalo order beberapa hari sebelumnya dan saya mencukupkan hanya order 600 pax. Di food testing kemarin itu selain sama Mr. C kita discuss juga sama sang chef dan F&B manager. So here is the food list for my wedding :

Appetizer : Chef Salad Bar (dengan 3 macam saus, yang enak sausnya hehe…), Corn Crab and Bean Salad (enak), Seafood Cocktail Salad (enak)
Soup : Mediteranean Soup (lumayan enak)
Main Course : Steam Rice, Butter Rice with Raisin (enaakkk…), Fish Tartar (enak), Brocolli Cheese (enak), Roasted Potato (lumayan enak)
Dessert : Mix Fruit (katanya sekitar 4 macam), Pudding (sekitar 4 macam juga, enak), Ice Sago Melon (lumayan enak), Assorted Pastry (ada candy pop, mini soes, greentea cake, chocolate cake….enaakk)
Stall : Mongolian Chicken (enaakkk), Roasted Beef (enak), Roti John (enaakkk), Lasagna (enaakkk), Cream Soup with Chicken and Mushroom (enak), Frozen Burger (enak)


 All are tasty...

Ga ada yang ga enak. Huaa…food tasting kemarin bener-bener bikin perut penuh. Sebenernya ga kecoba semua. Dan dikasih juga sampel makanan untuk akad 3 macem tapi akhirnya dipilih 2 aja yaitu Soto Madura  dan Lontong Kari. 

Dari drama-drama yang disajikan Mr. C, ini kesimpulan saya :

  • Saya menangkap kesan di- insist supaya harga yang saya bayar ada di sekitaran 100 juta. Kalo belum mencapai itu harus ditambah ini-itu dan bla-bla-bla lainnya.
  • Caranya itu loo, seperti ga elegan…. Udah tidak ada pemberitahuan mengenai perubahan paket trus cara menyampaikan perubahannya juga yaa gimana gituu…
  • Menurut saya si Mr. C harus punya beberapa staf deh yang handle klien. Biar dari awal jelas apa yang ditawarkan hotel dan apa yang sudah disampaikan ke klien. Ga ada lah alasan lupa. Basi itu.
  • Kalo mau keluarin harga promo ya konsisten lah. Ini ada promo tapi giliran ada orang yang mau beli itu promo diarahkannya ke paket lain yang mahal. Ganti harga ga ada pemberitahuan.
  • Saya mengikuti keinginan hotel dengan merubah paket, ganti menu, tambah pembayaran. Oke saya ikuti. Konsekuensinya ya ga rekomen ke orang-orang jadinya kan… Yang oke ya pas food testingnya moga pas hari H persis sama yaa…
  • Yang paling terasa, perasaan kecewa saya, calon suami dan keluarga karena udah terlanjur menentukan rencana pernikahan di hari Minggu demi dapat harga khusus Sunday Package yang mana paket itu sekarang udah ga ada dan harga sama di Sabtu atau Minggu. Kecewa karena kalo kita tau harga sama udah jelas bakal pilih hari Sabtu supaya bisa akad di Masjid Al-Irsyad.
O ya nanti mau deket-deket hari H juga bakal ada technical meeting antara hotel dan pihak yang ngedekor. Fuuhh…moga tidak ada lagi drama-drama macam sebelumnya… Curcol saya panjang banget kali ini hihihi….

 

No comments:

Post a Comment