Saturday, April 28, 2012

[Special Review] Daily Deals on Diskon.com


Perkenalkan, satu lagi situs web Indonesia yang menawarkan diskon dari merchant-merchant ternama : DISKON.com. Tidak mau ketinggalan dengan situs serupa yang lebih dulu eksis, DISKON.com yang berbasis di kota Yogyakarta ini siap memanjakan semua membernya dengan  penawaran yang hemat dan menguntungkan mulai dari kuliner, hotel, butik, spa, gadget dan produk lainnya. Siapa sih yang tidak suka kalau tiba-tiba ada tawaran diskon hingga 40% dari café favorit kita,  pas badan lagi lelah dan butuh refreshing..eehh ada diskon hingga separuh harga normal di spa langganan,  atau  pas gadget kita ada yg rusak dan perlu ganti di DISKON.com malah lagi obral tuh gadget incaran. Asoy…cocok buat para online shopper yang modis alias modal diskon...hehe…

Biarpun baru launching di Februari 2012 tapi perjalanan di bidang industri online sendiri hingga terbentuk DISKON.com sekarang ini sudah mencapai lebih dari 8 tahun. Berarti sudah lumayan lama juga ya. Makanya jadi member di sini wajib nih, daftarnya free of charge alias grateisss dan informasi diskon dikirim melalui e-mail kamu. Sekarang sudah tidak perlu punya kartu kredit atau member card yang mensyaratkan iuran tahunan untuk mendapatkan privilege yang menguntungkan. Cukup daftar di situs daily deals semacam DISKON.com  yang khusus menyapa membernya dengan sebutan Diskoners. Silahkan langsung klik disini bila kamu ingin daftar yaa…

Mungkin ada yang bertanya, mekanisme pembelian produk di DISKON.com itu bagaimana sih? Jangan khawatir…mudah kok, as simple as clicks. Sebagai Diskoners, begitu kamu berminat dengan suatu penawaran di DISKON.com, klik beli selanjutnya lakukan pembayaran dan konfirmasi, setelah pembayaran kamu divalidasi voucher pun akan dikirim ke alamat e-mail. Selain itu DISKON.com juga menyediakan fasilitas mengirimkan kode voucher lewat SMS langsung ke handphone. Wuihh…tambah cepat dan  praktis aja ya. Jangan lupa untuk membawa print voucher atau SMS yang diterima ke merchant sesuai ketentuan yang berlaku. Kalau butuh bantuan DISKON.com menyediakan customer service yang siap dengan layanan full 24 jam untuk menjawab pertanyaan Diskoners.

O ya, sebelum memutuskan untuk membeli pastikan pemahaman yang baik terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku. Ini penting. Setiap merchant biasanya menerapkan ketentuan yang berbeda satu dengan lainnya dan ada tenggat waktunya. Sayang kan bila voucher yang sudah dibeli keburu kadaluarsa. Syarat dan ketentuan itu misalnya voucher makan di café A berlaku dengan syarat makanan hanya boleh disantap di café tidak untuk dibawa pulang dan hanya berlaku di weekdays saja, sedangkan café B memperbolehkan makanan untuk dibawa pulang serta boleh datang di waktu weekend juga tapi untuk menu tertentu saja yang didiskon. Saya yang sudah punya pengalaman cukup panjang dengan jasa voucher diskon online ini suatu kali pernah setidaknya  dua kali mengalami kejadian tidak enak oleh satu situs sejenis ini. 

Cerita sedikit untuk perbandingan (dan menjadi pembelajaran bagi siapa saja), saya pernah membeli voucher untuk berkuliner di satu café di Bandung, diskonnya 50% waktu bebas dan boleh dine-in atau take-away untuk semua jenis makanan. Ketika hendak menukarkan voucher malah ditolak oleh supervisor café tersebut dengan alasan voucher hanya berlaku di weekend saja, waktu itu saya datang pas weekday. Padahal di voucher dengan jelas tertera bahwa voucher berlaku setiap hari termasuk weekend, si supervisornya sendiri malah mengakui memang ada ketidaksesuaian dan saya tetap tidak bisa menggunakan voucher… Idihhh… Saya pun kemudian komplain melalui telepon ke situs penyedia voucher dan jawabannya adalah ada kekeliruan dan akan dikonfirmasikan pada pihak café tersebut. Di lain waktu saya kembali mendatangi café tersebut kali ini saat weekend bersama seorang teman, and guess what? Café itu sudah tidak ada (!) dan diganti oleh café lain yang manajemennya berbeda, jadi mereka tidak tahu-menahu mengenai voucher diskon itu dan mengeluh banyak orang datang hendak menukarkan voucher juga sama seperti saya. Wah..wah..wah..teman saya jadi mempertanyakan keabsahan  layanan diskon tersebut. Nah, kembali saya telepon situs penyedia voucher dan diberi tahu kalau memang café tutup untuk sementara karena sedang proses pergantian manajemen. Lalu bagaimana nasib voucher saya ya? Mbak CS-nya memberi keterangan bila cafe dalam waktu dekat ini akan beroperasi kembali maka semua customer yang telah membeli voucher akan dikirim e-mail blast yang memberi tahu di mana lokasi baru café untuk menukarkan voucher dengan masa perpanjangan baru, tetapi bila masih lama waktu beroperasi kembalinya maka nilai voucher akan dikembalikan ke kredit akun untuk dipergunakan kembali. Dan hingga hari ini setelah sekitar 7 bulan berlalu, tidak ada sedikit pun kabar yang saya terima. Komplain saya berlanjut melalui sarana e-mail dan forum dengan hasil dicuekin...duhh… Ada yang bilang kalau hak kita dilanggar maka kita boleh menagih hingga tiga kali, bila tidak berhasil juga ya ikhlaskan saja biar Tuhan yang membalas…eh kok jadi curhat begini hehe…   

Pengalaman kedua dengan situs diskon yang sama adalah ketika saya membeli sebuah produk. Produk tersebut bisa diambil di kantor atau dikirimkan bagi yang di luar  kota pada tanggal yang ditentukan. Setelah ditunggu-tunggu produk tidak kunjung datang, forum pun ramai oleh keluhan anggota yang menanyakan barang bahkan sampai ada yang marah-marah gitu deh. Ternyata alasannya adalah barang dari merchant-nya terlambat. Kalau begini sih sebenarnya konsumen tidak apa-apa (cuma loyalitas sedikit berkurang mungkin ya), pengelola situs harus ingat saja untuk mengirim pemberitahuan kondisi yang sebenarnya, sehingga tidak ada istilah harap-harap cemas. 

Tentunya sebagai shopper di internet saya sangat berharap kejadian tidak enak jangan sampai ada di DISKON.com. Apalagi dengan adanya komitmen dari DISKON.com bahwa bila merchant tidak dapat memenuhi kewajibannya pada Diskoners yang telah membeli voucher maka nilai pembayaran akan dikembalikan. Konsumen tentu akan menaruh harapan besar ketika ia menjadi seorang pelanggan di suatu situs daily deals. Mulai dari sistem yang mudah dan handal untuk diakses, user friendly web, verifikasi pembayaran yang cepat, dan tawaran promosi dari merchant ternama yang hemat dan menguntungkan pastinya. Lokasi penawaran DISKON.com pun ke depannya sebaiknya merambah ke semua kota besar di Indonesia, supaya semakin banyak menjangkau  Diskoners lainnya. Apalagi kalau tersedia penawaran buat kota Bandung yang notabene pusatnya kuliner dan fashion Indonesia..hehe..ini sih kota saya banget.

Bila melihat posisi DISKON.com sebagai “jembatan” antara Diskoners dan merchant, tentunya kita dapat pula mengambil posisi sebagai merchant. Bila mempunyai suatu bisnis yang sedang berkembang, salah satu cara pemasaran ampuh dalam mengenalkan produk bisnis kita tidak lain melalui situs seperti DISKON.com ini.  Menjadi merchant di DISKON.com sama mudahnya dengan menjadi Diskoners, prinsipnya sama hanya berada di sisi sebagai penjual bukan pembeli. Harus melakukan proses pendaftaran dulu dengan pihak admin DISKON.com, setelah resmi menjadi merchant tentukan produk yang akan dijual, besaran potongan harga, jumlah produk yang tersedia, syarat dan ketentuan serta detil produk pastinya. Lalu tayang deh di DISKON.com. Yang pasti sih Diskoners  berharap keterangan produk akan sama dengan apa yang didapat. Jangan sampai ketika produk sudah di tangan, ternyata spesifikasinya berbeda. 

Terakhir nih, saya tentu berharap DISKON.com akan semakin berkembang, menjadi situs daily deals nomor satu di Indonesia, serta sering mengadakan berbagai event-event bagi publik untuk merangsang kreativitas masyarakat Indonesia. Semakin berkomitmen dengan pelayanan yang baik bagi Diskoners, bekerjasama dengan banyak aneka ragam merchant ternama yang memberikan potongan harga yang hemat. Amin.

1 comment:

  1. cuman di bandung belum ada merchant yg kerjasama dgn diskon.com :D

    ReplyDelete