Thursday, March 27, 2014

Simple Roasted Chicken



Roasted chicken ini masakan andalan saya banget. Siapa sih yang ga suka ayam? Dengan cara di-roast dalam oven dan bukan digoreng makanan akan menjadi lebih sehat. Roasted chicken ini paling sering saya buat, makannya sama nasi ato kentang. Dulu buatnya dibungkus dengan alumunium foil lalu masuk oven, sekarang sih engga. Kata suami alumunium foil ga bagus buat masak so saya pakenya buat penutup makanan kalo harus disimpen di kulkas aja (belum sempet browsing mengenai efek alumunium foil pada makanan). Tapi kadang masih suka pakai sih, soalnya masak pake alumunium foil bikin hasil panggangan jadi berkuah yang bikin tambah enak hehe… Nah berikut resep Roasted Chicken andalanku untuk 2 porsi…gampang sekali pokoknya karena bumbunya ga banyak. Kalau mau ayam panggang dengan lapisan saus melimpah di luar, teknik dan bumbunya beda lagi. Ini yang simple dulu aja.

Bahan-bahan : 2 potong dada ayam/chicken fillet, 5 buah jamur champignon ukuran besar (jenis sayuran bebas), 2 sdm mentega cair. Bahan untuk marinate : bumbu jadi ayam panggang, garlic powder (kalo ga punya diganti dengan campuran garam + merica + basil kering + bawang putih yang dihaluskan)


Cara membuat :

- Marinate ayam dengan bumbu hingga merata, simpan minimal 1 jam
- Setelah dimarinasi, pindahkan ayam ke wadah tahan panas, siram dengan mentega yang telah  dicairkan. Jangan lupa panaskan oven.
- Masukkan oven pada suhu 220 celcius selama 1 jam
- Pada menit ke 45 tambahkan jamur. Kalau masaknya dengan alumunium foil jamurnya udah dimasukkan dari awal ya disiram mentega bareng ayam.


 Taraa...simpel banget kan...makannya pake Nasi Goreng yumm...

No comments:

Post a Comment