Friday, February 28, 2014

Meat Ball Soup (aka. Bakso :)



Setelah sekian lama label Lite Cooking is baaaackk….

Hampir semua orang Indonesia doyan sama yang namanya bakso. Di Rotterdam sini saya belum nemu bakso di toko-toko Asia padahal udah kangen banget pengen makan bakso. Tapi bakso versi saya kuahnya bening ga pake banyak bumbu dan pedasnya level ‘aman’ hehe… Jadi suatu hari saya memutuskan untuk bikin sendiri bakso. Bikinnya ternyata gampang dan rasanya maknyuss.... Saya buatnya ga banyak pake terigu jadi ini meatball beneran.  Yuk kita buat…

Bahan untuk bakso : 200gr daging sapi cincang, 2 sdm tepung terigu (atau sesuai keinginan perbandingan antara daging dan terigu-nya), 1 butir telur kocok, garam&merica sedikit bisa juga ditambah garlic powder
Bahan bumbu : 2 sdm minyak goreng, 1 siung bawang merah/shallot diiris, 3 siung (atau sesuai selera) bawang putih dikeprek,
Bahan tambahan : mie (boleh mie instan), 4 buah jamur champignon diiris, 2 buah wortel potong dadu, air+blok kaldu instan/kaldu 1 liter, garam & merica secukupnya, daun bawang diiris tipis.



Cara membuat :

  • Campurkan semua bahan bakso, uleni hingga tercampur rata. Bentuk bola-bola daging.
  • Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum lalu masukkan air/kaldu, biarkan hingga mendidih
  • Masukkan bola-bola daging, wortel dan jamur. Biarkan hingga matang atau bakso mengapung.
  • Tambahkan mie, garam dan merica. Biarkan hingga mie matang. Cicip-cicip apakah rasanya sudah sesuai keinginan
  • Sajikan dengan irisan daun bawang
Siap disantaaapp….tambahkan kecap, saos dan sambal bagi yang doyan bakso dengan bumbu berlimpah... Makin mantap abis makan bakso trus minum smoothie buah-buahan ;p


PS. Saya waktu buat dagingnya kebanyakan jadi ga semua dicemplungin buat jadi bakso. Adonan daging sisa saya simpan di kulkas dan besoknya dimasak jadi isian roti dengan cara tinggal di-grill atau goreng dengan minyak sedikit. Dibentuk bulat pipih jadilah burger patty!

No comments:

Post a Comment