Friday, March 6, 2015

Makan-makan di 5 Indonesian Restoran Halal di Den Haag


Udah lama nih ga review restoran, padahal saya dan suami kan lagi seneng-senengnya wiskul. Nyoba makan di tempat baru yang halal di Rotterdam sini, ato ke Den Haag, soalnya di kota ini banyak bertebaran resto Indonesia. Menurut data 50% penduduk Den Haag merupakan pendatang dari berbagai negara. Jumlah orang Indonesia sangat banyak di sini, otomatis kalo mau makan enak dengan menu khas Indonesia tidak sulit. Bagi muslim yang berkategori halal pun banyak. Hmm…kalo kebetulan sedang di Den Haag yang merupakan pusat pemerintahan Belanda sempatkan mampir deh ke resto-resto menu Indonesia ini. Memang rasa-nya sedikit berbeda dengan rasa resto di Indonesia tapi bisa dikatakan enak-enak lah…apalagi kalo lagi kelaparan dan gratis hehe…plus di negeri nun jauh ini pasti kangen dengan masakan berbumbu yang lekat dengan lidah orang Indonesia. Untuk harga hampir semua resto mematok standar yang sama. Siapin aja minimal 10 Euro/org untuk makan + minum.
1. Si Des Restaurant
Restoran ini menu-nya segambreng, kayaknya mau makan dan minum apa aja ada. Lokasinya ga jauh dari centrum Den Haag, deket area china town gitu-lah. Saya ke sana udah dua kali plus take-away sekali. Waktu take-away berasa kurang maknyus mungkin karena udah dingin ya, pesen pempek, batagor en rendang. Pas makan di sana sih lumayan puas dengan rasa makanan. Mantap-lah, masakan Indonesia emang nikmaatt... Pertama ke sana saya pesan bakso sama es campur, suami pesen rendang. Trus kedua kalinya kami pesen rijstafel karena suami pengen nyoba macem-macem masakan. Tau kan rijstafel? Nasi plus berbagai macam lauk-pauk dalam piring-piring kecil. Kirain menu rijstafel itu buat berdua taunya yang keluar buat ngasi makan 4 orang kali haha…harganya emang ga murah untuk menu rijstafel tapi kan bisa dibawa pulang dan diangetin buat besoknya.


Si Des lumayan luas dan tempatnya cukup cozy dengan ornamen-ornamen dan dinding yang didekor. Cucok buat arisan ibu-ibu gaul. Waiter-nya banyak tapi ga semua bisa bahasa Indo, mungkin mahasiswa Asia yang kerja part-time. Banyak yang ngeluh kalo pesen makan di sini lamaaa...tapi belum kejadian sama kami tuh. Yang ga enak sebetulnya fasilitas karaoke. Pernah kita makan pas lagi ada tamu yang nyanyi-nyanyi. Mending kalo suaranya enak, ini sih kayak orang teriak-teriak kenceng ga jelas. Berisik. Ganggu. Kayaknya kalo pas datang trus buka pintu saya denger lagi ada yang karaoke mending ga jadi aja deh hehe…

2.  Salero Minang
Ini udah jelas bertipe restoran Padang. Yang punya namanya Uni Rita. Salero Minang ini lokasinya ga begitu jauh juga dari centrum Den Haag, tepatnya di Prinshendrikstraat. Bisa baik tram sekali atau jalan kaki sambil menikmati kota Den Haag. Tempatnya ga sebesar Si Des tapi cukup nyaman. Yang kangen masakan Padang sih wajib ke sini deh. Suami pernah nyicipin rendang plus lauk lain (rames), saya nyobain sate padang pake lontong. Sedap. Uni Rita juga sering mengadakan promo dengan harga special dan program all-you-can-eat. Selain itu beliau aktif buka booth di acara-acara bazaar, aktif di social media, sering ngadain event di resto dan menerima pesanan delivery hingga ke seluruh Eropa. Yang paling bikin ngiler paru goreng sama jengkol campur teri sambal ijo. Aduuhh…ngiler…



3.  Depot Podjok
Kalo resto yang satu ini katanya speciality-nya di menu Iga Bakar. Banyak yang rekomen dan katanya sih yang punya pensiunan KBRI di Belanda. Karena penasaran pergilah kami ke sana. Tempatnya ga jauh juga dari centrum, bisa pake tram ato jalan kaki sekitar 30 menit. Ada di Bangkastraat tepatnya. Tempatnya nyaman sedikit lebih besar dari Salero Minang dengan banyak ornamen Jawa. Waktu kita dateng kesana lagi sepi dan pegawainya ada cowok bule juga. Yang tanya pesanan dan bawa makanan ke meja kita waktu itu cewek dan ngomongnya bahasa Belanda aja tapi mukanya sih Indonesia, mungkin blasteran kali. Duno deh. Suami seperti biasa pesen rendang dan saya pesen Iga Bakar dong pastinya. Ternyataaa…enakkk…daging kambingnya lembut, bumbu kecap manis-nya sedep. Jadi pengen nyoba menu lainnya yang juga masuk speciality mereka.



4. Warung Yanti
Tau resto ini dari temen yang katanya bakso-nya enak dan tetelan-nya banyak. Trus baca di internet resto ini masuk di Top 10 resto Indo terbaik di Belanda. High expectation dong. Dari central Den Haag kita harus naik tram sekali ke arah Scheveningen dan turun di yang deket Van Bylandstraat. Dari halte jalan kaki paling 3 menit. Tulisan yang terpampang di jendela Toko Yanti dan pas masuk ambience-nya agak suram, sepertinya sudah lama beroperasi tanpa pembaharuan interior. Jumlah meja ada 4 termasuk 1 meja bundar besar, luasnya sama dengan resto Salero Minang. Yang lagi tugas ngelayanin pengunjung waktu itu mas-mas yang bisa bahasa Indo dan Belanda. Saya pesan bakso dan suami lagi-lagi rendang (deuhh…). Keduanya dilengkapi semangkuk kecil sambal. Kita juga pesen sate ayam dan lemper. Umm…soal rasa menurut saya enak cuma bumbu sate-nya aja yang ga maknyus. Tetelan bakso-nya ternyata engga semelimpah yang dibilang si temen. Yang makan di situ hampir semua bule-bule, yang take-away juga banyak. Daerah sini resto-nya jarang kali yak.



5. Kantin KBRI
Yang ini sih ga boleh terlewat, tempat makan lezat buat orang Indonesia. Tak lain tak bukan kantin KBRI di Tobias Asserlaan nomer 8. Dari centrum bisa naik bis jurusan Kijkduin trus turun di halte Barnstraat lanjut jalan kaki sekitar 5 menitan. Masuk KBRI emang harus ada tujuannya karena suka ditanya Pak Satpam dan biasanya saya ke KBRI pasti ada yang harus diurus. Nah, mumpung di sana jajan deh di kantinnya. Tempatnya ada di bagian belakang gedung, menghadap backyard. Jenis makanannya lumayan banyak dan kalo udah sore beberapa item ada yang habis. Yang paling terkenal siomay dan rendang bikinan Pak Rudi. Menu-nya macem-macem sih, ada paket rames, gudeg, gorengan dan lainnya. Minumannya gratis mau kopi, teh ato jus. Terus terang rendang-nya Pak Rudi ini juara. Otentik. Dan dia cuma masak buat kantin KBRI aja. Saya take-away satu box buat suami makan di rumah. Dia ampe nambah 2x, lahap makannya. Alhamdulillah hehe… eh, lupa lagi kantin KBRI ini engga ada fotonya. Abis kalo kesana udah sibuk liatin makanan-nya siii…trus langsung maen lahap aja ga difoto dulu.

Kok malah jadi lapar yaa…

 

2 comments:

  1. wahh ternyata di belanda banyak resto indonesianya yaa. jadi bangga sama indonesia

    Banyuwangi

    ReplyDelete
  2. If you want any help related to hotmail problems please check out my site hotmail hotmail_forgot_ .I hope you like my site.

    ReplyDelete