Wednesday, July 3, 2013

Perang Melawan Jerawat (Part 1)



Saya ini punya kulit muka yang bisa dikategorikan berjenis acne prone. Cenderung gampang berjerawat. Jadi setiap bulan menjelang bulanan pastiii muncul jerawat-jerawat kecil kadang besar. Kadang sakit dan berdarah. Tangan juga gateell banget pengen megang-megang terus, alhasil bekas-bekas jerawatnya susah hilang walaupun cuma sedikit. Untuk perawatan ga ada obat jerawat yang bener-bener ampuh jadi saya ga pakai obat jerawat, dibiarkan saja karena ga banyak juga. Secara keseluruhan kondisi muka saya lumayan bersih. Saya  pakai perawatan muka standar : lotion siang, krim malam dan krim mata dari brand asli Indonesia terkemuka. Rajin bersihin muka pagi pake foam dan sebelum tidur pake susu pembersih dan toner. Terus sebulan sekali saya rutin maskeran. Kalo facial ga suka karena rasanya sakit cuy…saya ga setuju dengan prinsip kalo mau cantik harus dengan cara bersakit-sakit.

Bencana terjadi waktu saya dipindahkan kerja ke Cikarang. Rupanya kulit muka saya sama sekali tidak cocok dengan kondisi udara di sana. Walhasil setiap hari muncul jerawat baru dan besar-besar. Hiiksss… ditambah tangan iseng suka megangin jerawat muka saya nambah kotor deh. Saya usaha dengan cari  produk buat muka yang katanya bikin kulit muka bebas jerawat dan bisa ngilangin bekas-bekasnya. Petualangan produk dimulai…jangan ditiru by the way ya..

Pertama saya tergoda pake sabun beras asal negeri gajah, tau kaan? Katanya itu bisa ngilangin bekas jerawat tapi akhirnya saya pake di badan aja wanginya enak sih lembut banget tapi kalo buat muka ga ada efek tuh. Lanjut hampir tiap malam saya oles produk anti jerawat Ment****tum. Ga sukses juga saya kemudian beli Gar**er Light night cream beserta rangkaian acne wash-nya. Berharap bekas-bekas jerawat bisa ilang dan ga tumbuh lagi yang baru. Tetep ga ngaruh. Udara cikarang yang panas, berdebu dan penuh polusi pabrik ga bisa ditahan sama produk-produk ini.

Setelah searching di internet, saya tergoda beli krim zaitun dan air bidadari produk merk V***a. pake krim zaitun awal-awal lumayan jerawat cepet mengempes tapi jerawat baru terus bermunculan dan air bidadari yang katanya bikin kulit wajah mulus bin kenyal ga terbukti di muka saya. Pas ke supermarket malah tergoda beli day lotion Ha****bo dari Jepang biar punya kulit kayak cewek jepang gituu... Produknya cair kayak air, tidak berbau dan tidak berwarna. Ga ada perubahan juga padahal udah berharap banyak…halaahh…harus bagaimana supaya muka saya minimal seperti sebelum datang ke Cikarang ya?  Setelah kemudian kembali tinggal di Bandung saya berharap banget bisa ngilangin bekas-bekas jerawat. Semua keluarga dan teman yang ketemu komennya pasti ke muka saya. Sampai-sampai pas saja jalan-jalan ke Kuala Lumpur ada wanita muda yang nyamperin dan kasih saran supaya saya pake produk Mar***y produksi USA. Busett… di Indonesia ga ada kali ya buuu…

Temen travelling saya ada yang rekomen untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan. Sebelumnya saya ga mau karena alasannya mahal haha…dan ga yakin aja ya takut ada efek samping gitu, takut dikasih produk yang ga aman buat kulit atau kulitnya jadi kecanduan. Tapi karena kondisi muka saya yang parah dan banyak noda di kulit, akhirnya saya datengin juga deh klinik langganan si temen. Ke klinik sini kalo mau konsul ma dokter sebaiknya buat janji dulu sehari sebelumnya. Ternyata yang datang banyak boo, ini klinik banyak pelanggannya. Dan yang pasti siapin budget lebih yaa…masalah budget emang bikin dompet bolong heuheu… Di Bandung lokasinya ada di Jalan Padjajaran dan Kopo, dan ada cabangnya juga di Jakarta, Garut dan Tasik. Dokternya cantik nan modis pernah jadi narasumber di acara Show Imah di TransTV.
Perawatan muka berjerawat kurang lebih prosesnya seperti ini (dateng ke klinik setiap 2 minggu, target 3 bulan mukaku kudu mulusss) :

Pertemuan 1 : Konsul sama dokter, perawatan jerawat sekitar 30 menit (dikasih serum gitu perih euy pas bagian jerawatnya), beli paket produk perawatan untuk kulit jerawat. Kata dokter saya keseringan megangin jerawat pake tangan dan gonta-ganti produk (jlebb…ko tau dok?). Produk yang harus dipakai meliputi foam pembersih, toner, krem pagi-malam, krem pagi, krem malem, krem jerawat dan kapsul 10 biji. Selama 2 minggu itu kulit saya sedikit-sedikit mengelupas dan jerawat mengering. Terasa sedikit gatal di kulit. Kata mamahku sih ada perubahan. Pas dateng masa PMS seperti biasa ada jerawat yang muncul, gede malah dan membekas merah. Oia, krem pagi-malam dan krem pagi bisa diulang siang hari setelah muka terkena air wudlu. Lumayan, tingkat kekusaman kulit muka berkurang. Lebih kinclong lah.


Pertemuan 2 : Konsul sama dokter (katanya produknya ngefek banget jerawat hilang hehe…jadi sekarang dia fokus ngilangin bekas jerawat), beli produk yang abis (krem pagi-malam dan krem jerawat), trus dokter kasih resep kapsul 20 biji dengan dosis yang lebih rendah dari yang sebelumnya, pluss perawatan laser. Sebelum dilaser mukaku di anestesi dulu supaya kebal dengan cara dioles semacam krim kemudian ditutup sama kertas alumunium foil selama 30 menit. Rada deg-degan juga sih takut sama yang namaya laser, takut berasa sakit apalagi ada jerawat yang lagi meradang. Setelah (agak) mati rasa baru dilakukan proses penembakan laser sama dokter-nya bukan sama asistennya ya. Ga sakit sih cuma menyengat-menyengat panas dan silau maann  padahal mata udah merem… Pas pulang ke rumah keliatan loh perubahannya, bekas-bekas jerawat memudar dan kulit terasa lebih halus. Ga boleh kena air minimal 6 jam.

Pertemuan 3 : Konsul sama dokter, dan katanya walaupun bekas jerawat memudar tapi muka masih harus dilaser (hikss…) dan udah bisa diangkat komedonya (lebih hikss lagi karena ini pasti sakiitt, saya ga suka yang namanya facial). Pokoknya udah fokus ke ngilangin noda-noda gitu deh. Dan beneran proses angkat komedonya sakit walaupun ga ampe berdarah dan nangis. Udah gitu proses ginian harus dilakukan sebulan sekali. Ampyuunn…. Abis diangkat komedo baru dilaser ma dokter. Cuma laser kali ini kerasa lebih sakit mungkin karena kulitnya lebih sensi ya abis diangkat komedo walau jumlah tembakan agak berkurang dikit. Untuk obat luar saya beli krem perawatan yang digunakan masih sama tapi ditambah satu jenis krem buat pengelupasan bekas jerawat yang dioles 2x sehari sebelum krim pagi-malam. Obat yang harus diminum juga baru jenisnya. Selama 2 hari saya ga boleh dulu pake krem-krem perawatan tapi dikasih krem penenang kulit dulu. Obat jerawat distop dan baru dipake kalo ada jerawat aktif. Setelah perawatan muka perih, merah dan sedikit bengkak, setelah 6 jam emang engga tapi masih merah. Dengan krem penenang lumayan bikin kulit adem dan ga merah. 

Pertemuan 4 dan perkembangan selanjutnya apa yang terjadi dengan kulit muka ku bersambung yaa…

Note. First pict taken from beautifullyselfless.blogspot.com


No comments:

Post a Comment