Perkenalkan,
satu lagi situs web Indonesia yang menawarkan diskon dari merchant-merchant
ternama : DISKON.com. Tidak mau
ketinggalan dengan situs serupa yang lebih dulu eksis, DISKON.com yang berbasis
di kota Yogyakarta ini siap memanjakan semua membernya dengan penawaran yang hemat dan menguntungkan mulai
dari kuliner, hotel, butik, spa, gadget dan produk lainnya. Siapa sih yang
tidak suka kalau tiba-tiba ada tawaran diskon hingga 40% dari café favorit
kita, pas badan lagi lelah dan butuh refreshing..eehh
ada diskon hingga separuh harga normal di spa langganan, atau
pas gadget kita ada yg rusak dan perlu ganti di DISKON.com malah lagi
obral tuh gadget incaran. Asoy…cocok buat para online shopper yang modis alias
modal diskon...hehe…
Biarpun
baru launching di Februari 2012 tapi perjalanan di bidang industri online
sendiri hingga terbentuk DISKON.com sekarang ini sudah mencapai lebih dari 8
tahun. Berarti sudah lumayan lama juga ya. Makanya jadi member di sini wajib
nih, daftarnya free of charge alias grateisss dan informasi diskon dikirim
melalui e-mail kamu. Sekarang sudah tidak perlu punya kartu kredit atau member
card yang mensyaratkan iuran tahunan untuk mendapatkan privilege yang
menguntungkan. Cukup daftar di situs daily deals semacam DISKON.com yang khusus menyapa membernya dengan sebutan
Diskoners. Silahkan langsung klik disini bila kamu ingin daftar yaa…
Mungkin
ada yang bertanya, mekanisme pembelian produk di DISKON.com itu bagaimana sih?
Jangan khawatir…mudah kok, as simple as clicks. Sebagai Diskoners, begitu kamu
berminat dengan suatu penawaran di DISKON.com, klik beli selanjutnya lakukan
pembayaran dan konfirmasi, setelah pembayaran kamu divalidasi voucher pun akan dikirim
ke alamat e-mail. Selain itu DISKON.com juga menyediakan fasilitas mengirimkan
kode voucher lewat SMS langsung ke handphone. Wuihh…tambah cepat dan praktis aja ya. Jangan lupa untuk membawa
print voucher atau SMS yang diterima ke merchant sesuai ketentuan yang berlaku.
Kalau butuh bantuan DISKON.com menyediakan customer service yang siap dengan
layanan full 24 jam untuk menjawab pertanyaan Diskoners.
O
ya, sebelum memutuskan untuk membeli pastikan pemahaman yang baik terhadap
syarat dan ketentuan yang berlaku. Ini penting. Setiap merchant biasanya
menerapkan ketentuan yang berbeda satu dengan lainnya dan ada tenggat waktunya.
Sayang kan bila voucher yang sudah dibeli keburu kadaluarsa. Syarat dan
ketentuan itu misalnya voucher makan di café A berlaku dengan syarat makanan
hanya boleh disantap di café tidak untuk dibawa pulang dan hanya berlaku di
weekdays saja, sedangkan café B memperbolehkan makanan untuk dibawa pulang
serta boleh datang di waktu weekend juga tapi untuk menu tertentu saja yang
didiskon. Saya yang sudah punya pengalaman cukup panjang dengan jasa voucher
diskon online ini suatu kali pernah setidaknya dua kali mengalami kejadian tidak enak oleh
satu situs sejenis ini.
Cerita
sedikit untuk perbandingan (dan menjadi pembelajaran bagi siapa saja), saya
pernah membeli voucher untuk berkuliner di satu café di Bandung, diskonnya 50%
waktu bebas dan boleh dine-in atau take-away untuk semua jenis makanan. Ketika
hendak menukarkan voucher malah ditolak oleh supervisor café tersebut dengan
alasan voucher hanya berlaku di weekend saja, waktu itu saya datang pas
weekday. Padahal di voucher dengan jelas tertera bahwa voucher berlaku setiap
hari termasuk weekend, si supervisornya sendiri malah mengakui memang ada
ketidaksesuaian dan saya tetap tidak bisa menggunakan voucher… Idihhh… Saya pun
kemudian komplain melalui telepon ke situs penyedia voucher dan jawabannya
adalah ada kekeliruan dan akan dikonfirmasikan pada pihak café tersebut. Di
lain waktu saya kembali mendatangi café tersebut kali ini saat weekend bersama
seorang teman, and guess what? Café itu sudah tidak ada (!) dan diganti oleh
café lain yang manajemennya berbeda, jadi mereka tidak tahu-menahu mengenai
voucher diskon itu dan mengeluh banyak orang datang hendak menukarkan voucher
juga sama seperti saya. Wah..wah..wah..teman saya jadi mempertanyakan keabsahan
layanan diskon tersebut. Nah, kembali
saya telepon situs penyedia voucher dan diberi tahu kalau memang café tutup
untuk sementara karena sedang proses pergantian manajemen. Lalu bagaimana nasib
voucher saya ya? Mbak CS-nya memberi keterangan bila cafe dalam waktu dekat ini
akan beroperasi kembali maka semua customer yang telah membeli voucher akan
dikirim e-mail blast yang memberi tahu di mana lokasi baru café untuk
menukarkan voucher dengan masa perpanjangan baru, tetapi bila masih lama waktu
beroperasi kembalinya maka nilai voucher akan dikembalikan ke kredit akun untuk
dipergunakan kembali. Dan hingga hari ini setelah sekitar 7 bulan berlalu,
tidak ada sedikit pun kabar yang saya terima. Komplain saya berlanjut melalui sarana
e-mail dan forum dengan hasil dicuekin...duhh… Ada yang bilang kalau hak kita
dilanggar maka kita boleh menagih hingga tiga kali, bila tidak berhasil juga ya
ikhlaskan saja biar Tuhan yang membalas…eh kok jadi curhat begini hehe…
Pengalaman
kedua dengan situs diskon yang sama adalah ketika saya membeli sebuah produk. Produk
tersebut bisa diambil di kantor atau dikirimkan bagi yang di luar kota pada tanggal yang ditentukan. Setelah
ditunggu-tunggu produk tidak kunjung datang, forum pun ramai oleh keluhan
anggota yang menanyakan barang bahkan sampai ada yang marah-marah gitu deh.
Ternyata alasannya adalah barang dari merchant-nya terlambat. Kalau begini sih
sebenarnya konsumen tidak apa-apa (cuma loyalitas sedikit berkurang mungkin ya),
pengelola situs harus ingat saja untuk mengirim pemberitahuan kondisi yang
sebenarnya, sehingga tidak ada istilah harap-harap cemas.
Tentunya
sebagai shopper di internet saya sangat berharap kejadian tidak enak jangan
sampai ada di DISKON.com. Apalagi dengan adanya komitmen dari DISKON.com bahwa
bila merchant tidak dapat memenuhi kewajibannya pada Diskoners yang telah
membeli voucher maka nilai pembayaran akan dikembalikan. Konsumen tentu akan
menaruh harapan besar ketika ia menjadi seorang pelanggan di suatu situs daily
deals. Mulai dari sistem yang mudah dan handal untuk diakses, user friendly web,
verifikasi pembayaran yang cepat, dan tawaran promosi dari merchant ternama yang
hemat dan menguntungkan pastinya. Lokasi penawaran DISKON.com pun ke depannya sebaiknya
merambah ke semua kota besar di Indonesia, supaya semakin banyak
menjangkau Diskoners lainnya. Apalagi
kalau tersedia penawaran buat kota Bandung yang notabene pusatnya kuliner dan
fashion Indonesia..hehe..ini sih kota saya banget.
Bila
melihat posisi DISKON.com sebagai “jembatan” antara Diskoners dan merchant,
tentunya kita dapat pula mengambil posisi sebagai merchant. Bila mempunyai
suatu bisnis yang sedang berkembang, salah satu cara pemasaran ampuh dalam
mengenalkan produk bisnis kita tidak lain melalui situs seperti DISKON.com ini. Menjadi merchant di DISKON.com sama mudahnya
dengan menjadi Diskoners, prinsipnya sama hanya berada di sisi sebagai penjual
bukan pembeli. Harus melakukan proses pendaftaran dulu dengan pihak admin
DISKON.com, setelah resmi menjadi merchant tentukan produk yang akan dijual,
besaran potongan harga, jumlah produk yang tersedia, syarat dan ketentuan serta
detil produk pastinya. Lalu tayang deh di DISKON.com. Yang pasti sih Diskoners berharap keterangan produk akan sama dengan
apa yang didapat. Jangan sampai ketika produk sudah di tangan, ternyata
spesifikasinya berbeda.
Terakhir
nih, saya tentu berharap DISKON.com akan semakin berkembang, menjadi situs daily
deals nomor satu di Indonesia, serta sering mengadakan berbagai event-event
bagi publik untuk merangsang kreativitas masyarakat Indonesia. Semakin berkomitmen
dengan pelayanan yang baik bagi Diskoners, bekerjasama dengan banyak aneka
ragam merchant ternama yang memberikan potongan harga yang hemat. Amin.
cuman di bandung belum ada merchant yg kerjasama dgn diskon.com :D
ReplyDelete